Skip to main content

follow us

Doa Ketenangan Hati Dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah

Doa ketenangan hati dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah sangat penting dibaca terutama untuk memperkuat iman kepada Allah SWT saat kegelisahan atau ketakutan sedang datang menghampiri. Bagi seorang muslim, ketakutan yang sesungguhnya adalah saat ia takut berbuat maksiat kepada Allah SWT.

Salah satu doa untuk ketenangan hati dalam Al-Qur'an yang mesti sering dibaca antara lain:

رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Doa ini sangat istimewa, karena merupakan doa ketenangan jiwa yang Allah turunkan sendiri kepada umatNya. Kita mesti membacanya dengan sebaik-baiknya. Kita berharap doa ini bahwa semua kejadian yang tidak menyenangkan jangan sampai membuat kita jauh dari Allah SWT.

Untuk ketenangan hati maka kita juga perlu mempelajari doa-doa ketenangan jiwa dari sunahnya yang mulia. Cara menenangkan hati dengan berdoa adalah cara yang tepat apalagi bila yang dibaca adalah doa-doa dari Rasulullah saw..

Nabi Muhammad saw mengajarkan doa ketenangan hati berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجَلَاءَ حُزْنِي، وَذَهَابَ هَمِّي

Doa ini penuhdengan pengakuan akan kelemahan diri kita. Saat kita menyerahkan diri kepada Allah maka ketenangan hati akan mulai terasa. Dada mulai terasa lapang dan pikiran kalut mulai hilang diganti dengan rasa bahagia.



Kita adalah hanyalah hamba yang berserah diri kepada Allah. Maka hanya dengan menyerahkan diri kepada Allah ketenangan jiwa dan akal akan mulai terasa indahnya. Karena sejak awal yang mesti kita lakukan adalah berserah diri kepada Allah SWT.

Kemampuan otak dan pikiran kita sangat terbatas. Maka memerasa otak dan otot hanya bisa kita lakukan dengan memohon izin dan ridonya. Maka basamalah di awal kerja mesti dilakukan karena kerja itu hanya karena diizinkan Allah saja.

Bacalah doa ini karena untuk memohon ketenangan jiwa karena Rasulullah saw memberi jaminan:

إلا أذهب اللهُ عز وجل هَمَّه
Siapa yang mengamalkannya maka Alla akan menghilangkan kebingungannya maka jadilah ketenangan hati ada dalam dirinya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar