Skip to main content

follow us

Doa Ketenangan Jiwa dan Kesabaran

Doa Ketenangan Jiwa dan Kesabaran adalah doa yang penting dan mesti kita bacakan setiap ada kesempatan. Dan kita wajib menyempatkan jangan sampai tidak ada kesempatan untuk berdoa. Karena ini adalah inti dari kehidupan yang bahagia.

Ketenangan jiwa bisa berarti anda terbebas dari kesedihan atas peristiwa masa lalu yang menghancurkan perasaan anda. Jika anda ingat akan hal itu maka hati terasa hancur. Hati tidak tenang bila ada kebingungan akan masa depan yang belum anda ketahui.

Menenangkan hati itu mudah. Hanya Allah yang mampu menenangkannya. Maka mintalah kepada Allah yang memiliki kemampuan itu. Maka mendekatkan diri kepada Allah bisa disebut ibadah. Dan ibadah yang paling bagus dilakukan dengan jalan taqwa yang konsisten dan penuh waspada.

Rasulullah saw mengajarkan doa ketenangan hati dalam rangka mencari ketenangan hati dalam banyak sunnah. Redaksinya bermacam-macam. Kali ini mari belajar menenangkan pikiran dengan redaksi doa yang diajarkan Rasulullah saw dalam kitab Sunan Abi Dawud:

اللهم رحمتك أرجو، فلا تكلني إلى نفسي طرفة عين، وأصلح لي شأني كلّه، لا إله إلا أنت

Penjelasan untuk doa ini banyak sekali ditulis para ulama. Sekarang marilah kita simak kutipan penjelasan tentang doa ini.

هذه الكلمات الواردة في الحديث كلمات إيمان، وتوحيد، وإخلاص للَّه عز وجل وبعد عن الشرك كله، كبيره وصغيره، وفي هذا أوضح دلالةً على أن أعظم علاج الكرب, هو تجديد الإيمان، وترديد كلمات التوحيد ((لا إله إلا أنت))

"Kalimat ini adalah kalimat iman, tauhid, dan kalimat ikhlas yang bermakna menjauhkan Allah dari syirik secara keseluruhan abik besar maupun kecil. Dalam kalimat ini terdapat argumentasi yang jelas yang menunjukkan bahwa obat hati tidak tenang adalah dengan memperbaharui iman, dan mengulang-ulang kalimat tauhid.



Itulah kehebatan kalimat ini.

Selanjutnya anda juga mesti berdoa memohon kesabaran. Dalam Al-Qur'an kita diajarkan untuk berdoa memohon kesabaran dengan doa berikut:

بَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ


Demikianlah Doa Ketenangan Jiwa dan Kesabaran.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar