Skip to main content

follow us

Doa Mandi Wajib Setelah Haid dan Bersetubuh

Doa Mandi Wajib Setelah Haid dan Bersetubuh ini sama dengan doa pada hadats besar karena sebab lainnya. Baik anda mengucapkannya atau tidak maka secara umum anda telah melaksanakan mandi besar.

Bacaan doanya adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَكْبِرِ فرضا لله تعالى
Artinya:

Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar sebagai kewajiban dengan ikhlas karena Allah.

Kata-kata di atas adalah lafadz niat bila anda mau mengucapkannya. Kalaupun tidak anda ucapkan maka itu tidak masalah. Ini hanya salah satu yang bisa anda lakukan dalam menghadai perbedaan tata cara berniat.



Apa Itu Mandi Besar?


Mandi besar ini adalah istilah di Indonesia terhadap mandi yang tidak biasa. Ini adalah mandi yang di luar kebiasaan.Niatnya adalah karena Allah. Jadi bukan karena supaya badan sehat, segar dan bugar. Meskipun hikmah ke arah itu pasti ada.

Dengan demikian mandi besar ini diniatkan karena Allah. Bagaimana dengan niat agar sehat? Niat ini sebaiknya tidak ditekankan. Kalau pun ada itu hanya sebagai hikmah dari disariatkannya mandi besar ini.

Sebab Mandi Besar


Mandi besar itu banyak sebabnya. Ada yang karena persetubuhan, kelahiran, dan mati. Karena persetubuhan ini adalah sebab yang bisa membuat anda mesti mandi. Keluar mani karena berkhayal sesuatu yang menuju ke arah sex juga termasuk sebab mandi wajib.

Haid dan nifas juga termasuk sebab mandi besar. Selain itu, melahirkan juga termasuk sebab yang mewajibkan kaum hawa mandi wajib. Kemudian, kalau orang mati maka yang wajib memandikannya adalah orang hidup. Karena kalau yang mati anda tahu sendiri bagaimana.

Demikianlah Doa Mandi Wajib Setelah Haid dan Bersetubuh.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar