Skip to main content

follow us

Doa Shalat Dhuha yang Paling Shahih, Adakah?

Doa salat dhuha yang paling populer di masyarakat adalah:

اللَّهُمَّ إنَّ الضَّحَاءَ ضَحَاؤُكَ ، وَالْبَهَاءَ بَهَاؤُكَ ، وَالْجَمَالَ جَمَالُك ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُك ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُك ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ ، وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ ، وَإِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ ، وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِك وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ .


Ini adalah doa yang sangat populer di masyarakat. Hanya saja tidak ada anjuran dari para ulama untuk membiasakan diri atau mewajibkan diri untuk selalu membaca doa tersebut s membaca detelah selesai shalat dhuha.

Baca: Doa Selamat: 10 Permintaan Lengkap dalam Satu Doa untuk Keselamatan Hidu di Dunia dan Akhirat



Doa Khusus


Sudah dijelaskan dalam kalimat di atas bahwa doa ini bukanlah yang berasalah dari Rasulullah. Doa ini disusun oleh orang-orang belakangan. Maka dengan demikian anda membacanya sesekali saja dan selebihnya anda mesti belajar doa yang lain.

Doa Umum


Para ulama lebih memilih mebaca doa yang lafadznya umum saja. Alasan mereka adalah agar tetap ada pada cara Rasulullah saw yang sangat umum saat berdoa dan tidak terkesan takalluf saat beroa dengan menggunakan kata-kata yang bersajak dan bersayap.

Cara Mengamalkan Doa Shalat Dhuha


Untuk mengamalkan doa ini adalah dengan dibaca setela selesai melaksanakan shalat dhuha. Sangat disukai bila anda membaca doa-doa yang dibaca oleh rasulullah saw.

Doa-Doa Pilihan


Selain membaca doa-doa yang sudah anda hapalkan anda bisa membaca doa-doa lain yang dibaca Rasululah saw. Shalat dhuha dikenal sebagai shalat yang bisa melancarkan rezeki.Dengan demikian anda bisa membaca doa:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَة وَفِي الْآخِرَة حَسَنَة وَقِنَا عَذَاب النَّار

اللَّهُمَّ أَنْتَ الْأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الْآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُونَكَ شَيْءٌ اقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنْ الْفَقْرِ

 اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar