Skip to main content

follow us

Doa Untuk Ketenangan Hati yang Dibaca Nabi Musa Alaihi As-Salam

Doa Untuk Ketenangan Hati yang Dibaca Nabi Musa Alaihi As-Salam terdapat dalam Al-Qur'an Surah Thaha ayat 12 dan biasanya dibaca dengan 3 ayat berikutnya. Doa-ini bisa dibaca saat anda memohon ketenangan jiwa.

Allah berfirman:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي* وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي* وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي * يَفْقَهُوا قَوْلِي

Doa ketenangan jiwa ini diajarkan Allah SWT kepada Nabi Musa saat ia diperintahkan untuk menghadpi manusia paling sombong bernama Fir'aun. Tentu saja dia seorang penguasa yang besar sekali kekuasaannya.




Selain itu, Fir'aun juga merupakan bapak angkat Nabi Musa. Maka Nabi Musa merasa tugas ini begitu berat sehingga ia memohon ketenangan hati dengan berdoa kepada Allah. Iman mengatakan bahwa hanya Allah saja yang mampu menenangkan hati dan meneguhkannya.

Cara menenangkan hati dengan berdoa adalah cara yang tepat dan cepat. Itulah yang dicontohkan para rasul. Maka ajaran agama adalah ajaran berdoa kepada Allah SWT dengan ketundukan yang sebenar-benarnya.

Dalam doa ini anda tidak hanya memohon ketenangan hati dengan dilapangkan dada namun juga ketenangan jiwa itu hadir manakala urusan dan persoalan yang dihadapi mampu diatasi oleh Allah SWT.

Dan hakikat doa ini menyadarkan manusia bahwa ia tidak memiliki kemampuan mendatangkan manfaat dan menolak bahaya. Yang mampu melakukan keduanya hanyalah Allah SWT semata.

Dalam kasusnya Nabi Musa ada hal lain yang merupakan tambahan penting. Dengan doa ini hati tidak tenang dengan adanya kekurangan akan ditutupi dengan terselesaikannya kekurangan itu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar