Skip to main content

follow us

Doa Penenang Hati dan Pikiran dalam Islam Saat Mengalami Kemiskinan

Doa Penenang Hati dan Pikiran dalam Islam Saat Mengalami Kemiskinan ini boleh dibaca oleh orang miskin ataupun orang kaya. Yang paling dikhawatirkan itu bukanlah kemiskinan namun syirik kecul dan putus asa. 

Dengan doa memohon perlindungan dari kefakiran anda berniat untuk mengabdikan diri kepada Allah dalam keadaan hati yang tenang. Bila anda khawatir kemiskinan yang anda alami membahayakan iman anda maka kondisi ini salah satu pendorong kepada Allah dengan Doa Penenang Hati dan Pikiran dalam Islam Saat Mengalami Kemiskinan.

Maaf bila penjelasan ini tidak sesuai dengan yang sebenarnya. Hanya saja, Rasulullah saw pernah mengajarkan doa perlindungan dari kefakiran dan ada juga doa yang diajarkan Rasulullah saw yang isinya meminta ketakwaan, hidayah, harga diri, kekayaan.



Inilah doa-doa tersebut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Dalam doa ini ada 8 hal yang anda sampaikan. Anda ingin dilindungi dari kebingungan yang menyesakkan dan kesedihan, kelemahan dan malas, ketakutan dan pelit, dan mohon perlindungan dari lilitan utang dan penjajahan manusia.

Bila anda lepas dari 8 hal tersebut maka anda adalah manusia merdeka yang telah dimerdekakan Allah. Bukan hanya anda yang tenang bahkan kampung dan negara anda merasakan ketenangan. Bukan hati saja yang tenang bahkan sisi kehidupan anda yang lainnya.

Doa kedua;

اللَّهمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ وَالغِنَى

Kami ingin membuka sisi lain dari doa di atas. Betapa Islam sangat sesuai dengan fitrah. Manusia suka akan kesenangan, keberlimpahan, kemulian, dan kekayaan. Maka Rasulullah saw mengajarkan doanya.

Maka seperti yang kita bahsa di awal, yang paling mengkhawatirkan bukanlah kemiskinan. Namun bila hidup dari Allah maka itulah yang paling mengerikan. Namun miskin dan kaya sama-sama sebagai ujian yang juga mengerikan. Sikap kita adalah memohon petunjuk Allah baik miskin ataupun kaya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar